pengertian manajemen pendidikan dari para tokoh

Sabtu, 16 April 2011

BEBERAPA PENGERTIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN MENURUT PARA PAKAR
1. Prof. Dr. Suharsimi Arikunto
Manajemen pendidikan adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya, agar efektif dan efisien.

2. Luther M. Gullick
Manajemen pendidikan adalah suatu proses kerja sama yang sistematik dan komprehensif dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional.

3. Prof. Mujamil Qomar
Manajemen Pendidikan merupakan suatu proses pengelolaan lembaga pendidikan dengan cara menguasai sumber-sumber belajar dan hal-hal lainnya yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien

4. E. Mulyasa
Manajemen pendidikan adalah proses pengembangan kegiatan kerja sama sekelompok orang untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

5. Made Pidarta
Dalam pendidikan, manajemen itu dapat diartikan sebagai aktivitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya.

6. Stephen J. Knezeich
Manajemen pendidikan merupakan sekumpulan fungsi-fungsi organisasi yang memiliki tujuan utama untuk menjamin efisiensi dan efektivitas pelayanan pendidikan, sebagaimana pelaksanaan kebijakan melalui perencanaan, pengambilan keputusan, perilaku kepemimpinan, penyiapan alokasi sumber daya, stimulus dan koordinasi personil, dan iklim organisasi yang kondusif, serta menentukan perubahan esensial fasilitas untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan masyarakat di masa depan.
7. Hadari Nawawi
Mengemukakan Manajemen pendidikan, adalah rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan pendidikan, secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan di lingkungan tertentu, terutama lembaga pendidikan formal.


Dari beberapa definisi di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa Manajemen Pendidikan merupakan suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses kerja sama sekelompok orang dengan memanfaatkan sumber daya pendidikan dalam suatu organisasi pendidikan untuk mencapai tujuan dari pendidikan nasional, secara efektif dan efisien.

1 komentar:

Anyar Jeans mengatakan...

terimakasih..
cukup informatif.

salam
anyar jeans: pusat grosir celana jeans ori dan lokal dengan harga murah
http://anyarjeansbandung.blogspot.com/

Posting Komentar