review psikologi perkembangan islami

Jumat, 07 Januari 2011


Identitas Buku
Judul               : Psikologi Perkembangan Islami (menyingkap rentang        kehidupan manusia dari pra kelahiran hingga pasca kematian)
Penulis             : Aliah B. Purwakania hasan
Penerbit           : PT. Raja Grafindo Persada
Tahun Terbit    : 2006
Isi Buku
Psikologi perkembangan yang mulai memperlihatkan bentuknya pada akhir abad ke-19, yang membahas tentang perkembangan manusia dalam empat periode yaitu psikologi perkembangan tentang masa bayi, masa anak, masa remaja, dan  usia lanjut. Berbeda dengan psikologi perkembangan islami yang mengulas bagaimana perspektif islam mengkaji proses perkembangan atau pertumbuhan manusia, yaitu dari masa konsepsi hingga pasca kematian. Menurut perspektif islam kehidupan manusia telah dimulai pada saat sebelum lahir. Manusia memiliki ruh yang telah hidup sebelum saat kelahirannya di dunia. Pada suatu hari yang disebut hari mustaq, seluruh manusia berkumpul untuk mengucapkan kesaksian mengakui ke Esaan dan ketuhanan Tuhan.
Dalam pandangan islam manusia dan segala makkhluk yang ada di alam semesta merupakan ciptaan Allah SWT. Ia menciptakan alam semesta dan mengaturnya dengan aturan Universal. Kehidupan manusia mempunyai tujuan transcendental, manusia mempunyai tugas kekhalifahan dimuka bumi, sebagaimana yang dalam Al-Qur’an dan Hadist, karenanya manusia harus bertangguang jawab kepada Allah di hari kemudian.
Psikologi perkembangan modern yang dikenal saat ini lebih bersifat sekular, hal ini merupakan implikasi penting paradigma dasar dan metodologi yang diterapkan didalamnya yang lebih banyak bersifat materialistis, sebagaimana yang dapat ditemui pada psikologi secara umum. Sebagai bagian dari modernitas, pandangan dunia barat diawali dengan dominasi yang berkarakter sekular, seperti atheism, agnotisisme, dan humanism. Sejalan dengan pandangan duniawi ini maka kecenderungan dalam intelektualisme barat adalah materialistic dan sekular.
Dalam buku psikologi perkembangan islami ini, metodologi yang dipakai adalah gabungan dari metodologi tafsir al-Qur’an dan Hadist serta metodologi ilmu pengetahuan modern pada umumnya. Metodologi tafsir merupakan upaya untuk membaca ayat Qauliyah, sementara metodologi ilmu pengetahuan modern upaya untuk membaca ayat Qauniyah.
Dalam islam percaya kepada wahyu Allah sebagai sumber pengetahuan yang sempurna merupakan keimanan yang penting. Hal inilah yang menyebabkan umat muslim menerima Al-Qur’an dan As-Sunah sebagai sumber utama pengetahuan kepercayaan ini secara sadar mempengaruhi setiap muslim ketika mencari segala jenis ilmu pengetahuan.
Perinsip dasar Psikologi perkembangan dari perspektif islam yang terdiri dari kehidupan manusia (pertumbuhan dan perkembangan) merupakan proses yang gradual, memilki pola tertentu, merupakan proses komulatif dan simultan, melalui keberadaan fenomenal duniawi, dan melewati periode krisis dan sensitive tertentu.
Dalam buku ini mengulas beberapa perkembangan yang dilihat dari perspektif islam, antara lain perkembangan pra kelahiran, perkembangan fisik, perkembangan kognitif, perkembangan emosional, perkembangan sosial, perkembangan bahasa, perkembangan peran jenis kelamin, perkembangan moral, perkembangan spiritual serta kematian dan pasca kematian yang dibahas satu persatu.  Masing-masing bab disertai dengan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadist yang membahas aspek-aspek perkembangan pada umumnya, psikologi perkembangan islami mempunyai faktor perkembangan antara lain faktor hereditas (faktor pembawaan), lingkungan (orang-orang yang berada disekitarnya) serta ketentuan Allah (kehendak dan kekuatan Allah yang tidak terbatas) dan ini adalah elemen terpenting yang membedakan pendekatan islam dengan pendekatan barat.
Dalam pendekatan psikologi perkembangan islami, ketentuan Allah merupakan faktor inti dan paling berpengaruh dalam perkembangan manusia. Faktor ini melengkapi paradigm herediter dan lingkungan yang sering dibahas sebagai faktor dominan yang yang mempengaruhi perkembangan manusia. Tanpa menyertakan pemahaman tentang ketentuan Allah, seseorang tidak dapat memperoleh pemahaman yang lengkap tentang manusia dan perkembangannya.
Kelebihan
Buku ini merupakan karya inovatif yang mengulas perkembangan kehidupan manusia begitu apik, padat dan penuh makna dalam penyajiannya sehingga menarik untuk dibaca,  buku ini mampu membahas kehidupan ruh manusia sebagai lifespon development terjadi mulai dari kehidupan sebelum lahir hingga kehidupan setelah kematian. Buku ini selain mendiskripsikan perkembangan aspek-aspek dalam diri manusia secara utuh maenurut psikologi kontemporer, juga mampu mengintegrasikan dengan ide keislaman. Buku ini dapat membuat kita terhipnotis akan kebesaran tuhan dan membuat kita sadar akan keterbatasan kita.
Kekurangan
Paparan yang dikemukakan dalam buku ini masih tampak didominasi oleh saduran dari al-qur’an dan Hadist, belum adanya contoh-contoh atau implementasi yang cocok untuk diterapkan dalam budaya Indonesia. Oleh karena itu pembaca perlu melakukan penelaahan yang lebih komprehensif, baik secara tekstual atau kontekstual.
Dengan segala kekurangan dan kelebihannya buku ini diharapkan dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan memberikan sumbangsih bagi para pembaca, baik para mahasiswa, praktisi pendidikan, orang tua maupun pihak lain yang menaruh minat terhadap psikologi perkembangan, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.
Sebagai calon orang tua dan calon pendidik. Buku ini penting sekali sebagai pegangan karena orang tua dan pendidik sering kurang mau memahami anak-anak sebagai suatu individu yang unik. Kemampuan anak sering disamaratakan dengan menuntut mereka untuk berprestasi dalam beberapa bidang sekaligus. Akibatnya mereka sering menemui kegagalan dan akhirnya mengalami frustasi. Keberhasilan suatu pendidikan sering dikaitkan dengan kemampuan orang tua atau guru dalam hgal memahami anak sebagai individu yang unik, dimana setiap anak dilihat sebagai indiviodu yang memilki potensi yang berbeda namun saling melengkapi. Mungkin dapat diibaratkan sebagai bunga-bunga aneka warna disuatu taman yang indah, tumbuh dan merekah bersama.
 

0 komentar:

Posting Komentar